Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi) Pembatik 2023

 


Untuk Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi) adalah 30 terbaik untuk setiap Provinsi khususnya Sulawesi Tenggara. Ada berbagai asal daerah peserta level 4 ini yang akan Mengiplementasikan dan merancang Inovasi pembelajarannya.



Profil 30 Peserta Pembatik Level 4 Provinsi Sulawesi Tenggara


Halo, Sahabat Teknologi 2023.

Selamat, saat ini Sahabat Teknologi sudah mempelajari seluruh materi Level 4 Berbagi dan Berkolaborasi. Tahap akhir untuk menuntaskan aktivitas pembelajaran pada kelas daring ini, silakan Anda terapkan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student center oriented) yang bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi, kemudian bagikan praktik baik yang sudah Anda lakukan melalui berbagai ruang tatap maya dan tatap muka, serta dokumentasikan melalui media sosial baik blog, maupun vlog (YouTube, TikTok, IG, FB).


Ketentuan UMUM : 

1. Peserta merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran berupa salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi.

2. Peserta melakukan kegiatan berbagi praktik inovasi pembelajaran yang telah dirancang dan diimplementasikan oleh Peserta ybs, secara tatap maya dan tatap muka. 

3. Peserta membuat vlog yang berisi dokumentasi dari inovasi pembelajaran yang dirancang serta dokumentasi kegiatan berbagi praktik baik implementasi inovasi pembelajaran tersebut.

4. Peserta menuliskan deskripsi pelaksanaan setiap kegiatan berbagi secara tatap maya dan muka yang dilakukan, pada blog. 

5. Peserta juga menyematkan tautan vlog yang sudah dibuat ke dalam postingan blog.

6. Penilaian dilakukan pada aktivitas yang terdokumentasikan melalui tulisan dalam blog peserta secara komprehensif. Blog memuat tautan vlog dan dokumentasi keseluruhan kegiatan tatap maya dan muka yang sudah dilakukan.

7. Peserta menuliskan tautan/link laman blog di dalam formulir Tugas Akhir PembaTIK 2023

8. Batas waktu pengumpulan tugas akhir: 25 Oktober 2023

9. Penilaian dilakukan berdasarkan aspek-aspek berikut: 

aspek kebermanfaatan, yaitu implementasi model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid dengan memanfaatkan Platform Teknologi dalam pembelajaran sesuai kebutuhan dan didiseminasikan dengan baik melalui kegiatan tatap muka/maya pada wilayah sekitar sekolah/kota/kab/provinsi.  

aspek kreativitas dan inovasi, memuat kreatifitas peserta dalam aktifitas berbagi dan berkolaborasi praktik inovasi pembelajaran secara tatap muka/maya, serta jenis dan jumlah dokumentasi praktik baik melalui berbagai kanal.

aspek teknis, memuat kejelasan maupun kemenarikan tampilan dan struktur isi media dokumentasi dan publikasi yang didistribusikan melalui blog & vlog.


1. Merancang Inovasi Pembelajaran

Peserta merancang dan mengimplementasikan inovasi pembelajaran berupa salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi 


2. Kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran

Berbagi praktik baik penerapan model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student center oriented) yang bersifat kolaboratif dengan pemanfaatan Platform Teknologi wajib dilakukan secara daring (tatap maya) melalui Komunitas Belajar PMM “Sahabat PembaTIK” di provinsi masing-masing yang telah dibuat oleh Duta Teknologi 

Peserta juga dapat melakukan kegiatan berbagi praktik baik di daerah masing-masing secara luring (tatap muka) diawali dari tempat peserta bertugas maupun wilayah yang lebih luas, bisa dilakukan secara individu maupun berkelompok. Kegiatan yang akan dilakukan bisa melibatkan stakeholders, komunitas dan Lembaga Pendidikan terkait.

Kegiatan berbagi praktik baik juga berkolaborasi antar peserta dan berkoordinasi dengan tutor di kelasnya untuk menjadwalkan webinar Komunitas Belajar PMM “Sahabat PembaTIK” di provinsi masing-masing dalam periode waktu 17 s.d 21 Oktober 2023.

Peserta pun diperbolehkan melakukan berbagi praktik baik secara luring (tatap muka) ataupun daring (tatap maya) melalui saluran lain sebagai nilai tambah.

Sasaran kegiatan berbagi inovasi pembelajaran secara tatap maya/muka adalah guru-guru atau komunitas guru di dalam maupun antar satuan pendidikan. 

Peserta menyiapkan dan menggunakan bahan publikasi kegiatan yang relevan dan komunikatif, misalnya Banner atau Flyer melalui berbagai kanal media sosial dengan menyertakan hashtag:

#PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar 

Hasil setiap kegiatan berbagi inovasi pembelajaran secara tatap maya dan muka didokumentasikan dengan baik pada vlog dan dinarasikan pada Blog.

3. Vlog Inovasi Pembelajaran 

Vlog berupa video narasi pengalaman pribadi peserta dalam merancang dan mengimplementasikan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis TIK yang berpusat pada murid dan bersifat kolaboratif dengan memanfaatkan Platform Teknologi. 

Vlog juga memuat dokumentasi berbagi praktik baik implementasi inovasi pembelajaran yang dilakukan secara tatap maya dan atau tatap muka.

Durasi vlog maksimal 5 menit.

Konten vlog inovasi pembelajaran kolaboratif dapat ditambahkan muatan kearifan lokal 

Konten vlog inovasi pembelajaran kolaboratif memuat testimoni kebermanfaatan.

Menampilkan bumper-in pada opening video dan bumper-out pada closing video. File bumper dapat diunduh pada tautan: https://s.id/openingbumperpembatik 

Video hanya menyematkan logo Kemdikbudristek di kiri atas pada tautan: https://s.id/logokemdikbud 

Tema besar dari Vlog Pembatik 2023 adalah “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.

Vlog di upload pada berbagai media sosial (YouTube, TikTok, IG, FB, dll)

Akun media sosial di setting dengan tampilan publik (tidak private)

Share ke media sosial dengan menambahkan hashtag #PusdatinKemendikbudristek

#BLPTKemendikbudristek

#MerdekaBelajar

#PembaTIK2023

#SahabatTeknologiKemendikbudristek

#PlatformMerdekaMengajar

4. Blog Inovasi Pembelajaran

Blog wajib berisi hasil tugas vlog inovasi pembelajaran dan kegiatan berbagi inovasi pembelajaran tatap maya dan atau tatap muka.

Peserta dapat membuat blog pada platform blogging apapun. 

Peserta dapat menggunakan blog yang sudah dimiliki sebelumnya, dengan catatan blog tersebut berisi konten pendidikan. 

Blog dapat berisi tulisan-tulisan mengenai model pembelajaran inovatif berbasis TIK berpusat pada murid (student center oriented) yang bersifat kolaboratif dengan pemanfaatan PMM, dokumentasi aktivitas tatap maya/muka yang telah dilakukan, implementasi inovasi pembelajaran kolaboratif berbasis TIK yang melibatkan guru dan siswa dengan mengangkat kearifan lokal, aktivitas pemanfaatan blog untuk pembelajaran sesuai mapel/tema yang diampu, dan hal-hal lain yang edukatif, dengan memanfaatkan Platform Teknologi Pendidikan

Desain dan tampilan blog dibuat menarik, dan dapat dilengkapi dengan gambar yang relevan.

Narasi blog komunikatif dan interaktif

Blog dapat memuat umpan balik pembaca dan menampilkan statistik kunjungan blog

Tidak mengandung unsur penghinaan terhadap SARA, pornografi, radikalisme, kekerasan atau nilai yang melanggar aturan/hukum/norma yang berlaku.

Tidak plagiasi dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual pihak manapun

Tim penilai cukup membuka blog peserta untuk melakukan penilaian keseluruhan Tugas Akhir Peserta.

Posting Komentar untuk "Level 4 (Berbagi dan Berkolaborasi) Pembatik 2023"