Vlog Inovasi Pembelajaran dan Kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran Tatap Maya dan Tatap Muka. PEMBATIK 2023


Di tengah laju pesat teknologi, pendidikan tidak hanya menjadi hak, tetapi juga sebuah kebutuhan yang harus terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Dalam era digital ini, pendidikan tidak lagi terbatas oleh dinding kelas atau geografis, namun membuka peluang baru melalui ekosistem digital. Merdeka belajar, sebuah gagasan revolusioner yang membebaskan proses pendidikan dari batasan-batasan tradisional, dapat menjadi kenyataan melalui kolaborasi, kreativitas, dan semangat berbagi.

Berkarya untuk Merdeka Belajar

Berkarya di dunia digital bukan hanya tentang mengonsumsi informasi, tetapi juga tentang menciptakan. Dengan berbagai platform pembelajaran online, siapa pun dapat menjadi pembuat konten edukatif. Mulai dari video pembelajaran, blog, hingga aplikasi pendidikan, setiap karya memiliki potensi untuk menginspirasi dan mendidik. Dengan berani berkreasi, kita tidak hanya memperkaya ekosistem digital pendidikan tetapi juga memberikan kontribusi berharga kepada masyarakat.

Melangkah Maju dengan Semangat Merdeka Belajar

Dalam memperkuat ekosistem digital pendidikan, tidak ada peran yang terlalu kecil. Setiap kontribusi, setiap karya, dan setiap bagian dari pengetahuan yang dibagikan memiliki dampak yang nyata. Melalui semangat merdeka belajar, mari kita terus berkarya, berbagi, dan mengatasi tantangan bersama-sama. Dengan begitu, kita tidak hanya memajukan pendidikan di dunia digital, tetapi juga membuka pintu menuju masa depan yang lebih cerah, inklusif, dan berpendidikan bagi semua.

Kegiatan Berbagi dan Berkolaborasi berbagi praktik baik implementasi inovasi pembelajaran yang dilakukan secara tatap maya dan  atau tatap muka.


Praktik baik ini dilakukan sesuai jadwal yang telah saya buat seperti berikut ini:


1. Berbagi dengan rekan sejawat di SMKN 2 Konawe

Pengalaman yang sangat luar biasa untuk bisa berbagi implementasi praktik baik dengan menggunakan platform teknologi, Hal baru yang  mereka dapatkan akan menjadi inspirasi untuk bisa diterapkan kepada peserta didik. 



Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 16 orang guru


2. Berbagi bersama guru SMPN 1 Tongauna Kab. Konawe

Respon positif yang diberikan oleh kepala sekolah, sehingga hampir keseluruhan guru hadir pada saat berbagi implementasi inovasi pembelajaran menyenangkan yang berpusat pada peserta didik.

Nampak wakasek kurikulum memberi tanggapan, bahwa perlu adanya desiminasi yang seperti ini dan berkelanjutan agar pemahaman inovasi teknologi bisa tertular kepada mereka, untuk bisa dimanfaatkan kepada peserta didik.






Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 15 orang guru


3. Berbagi bersama guru SMPN 3 Tongauna Kab. Konawe
Dengan berbagi langsung kepada teman guru SMPN 3 Tongauna, telah memberi respon positif atas kegiatan berbagi ini. Beberapa diantara mereka belum ada yang paham tentang Platform Teknologi, mereka sangat membutuhkan informasi tersebut, dan bahkan siap mengundang kami untuk melakukan sosialisasi terkait pembelajaran dalam menggunakan CANVA 







Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 12 orang guru


4. Berbagi bersama Sahabat Teknologi 2023 Provinsi Sulawesi Tenggara
Kolaborasi bersama di Provinsi Sulawesi Tenggara walau berbeda tempat yang telah dibagi sesi penjadwalan dan telah di buat di Komunitas Belajar PMM.

Ada bapak Sukiatno dari Konawe Utara dan ada ibu Andi Sulfianti dari Buton Selatan yang juga memaparkan praktik baik mereka. Dan ada  Ibu Irma lismayani selaku Duta Teknologi dari sulawesi Tenggara tahun 2019
 




Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 46 orang guru


5. Berbagi bersama Sahabat Teknologi 2023 Lintas Provinsi
Untuk kolaborasi lintas provinsi ini dinamakan DIPRINBON TIK (Diseminasi Praktik Baik Pembelajaran Inovatif Pemanfaatan TIK)

Sebagai Narasumber ada Ibu Fitriani dari Provinsi Sulawesi Selatan dan Ada Ibu Patricia dari Provinsi Bengkulu. kolaborasi ini sangat luar biasa karena dihadiri oleh bapak H, Anshar selaku ketua Satganas Pandu Digital JSDI dan ada ibu Sitti Novi Ninarman selaku Duta Teknologi tahun 2019 dari Sulawesi Selatan





Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 30 orang guru


6. Berbagi bersama Sahabat Teknologi 2023 Lintas Provinsi dibawah naungan SAGUSAVI Ikatan Guru Indonesia

Kolaborasi ini adalah kesatuan dari beberapa pengurus dan trainer pada kanal pelatihan IGI yaitu SAGUSAVI (Satu Guru Satu Video) pembelajaran

Teman kolaborasi kita ada Bapak Elfison dari Provinsi Bengkulu, ada bapak Waluyo dari Provinsi Gorontalo dan ada Ibu Diana Br Tarigan dari Provinsi Sumatera Utara

Masing-masing memaparkan praktik baik mereka dan di tayangkan pada channel Youtube Sagusavi secara live streaming





Jumlah Peserta yang hadir pada saat itu = 36 orang guru


Berikut persembahan karya berbagi Inovasi Pembelajaran dengan menampilkan Vlog sebagai tugas tagihan pada PembaTIK Level 4 2023

Tema besar dari Vlog Pembatik 2023 adalah “Menguatkan Ekosistem Digital Pendidikan dengan Berkarya dan Berbagi untuk Wujudkan Merdeka Belajar”.







#PusdatinKemendikbudristek
#BLPTKemendikbudristek
#MerdekaBelajar
#PembaTIK2023
#SahabatTeknologiKemendikbudristek
#PlatformMerdekaMengajar




4 komentar untuk "Vlog Inovasi Pembelajaran dan Kegiatan Berbagi Inovasi Pembelajaran Tatap Maya dan Tatap Muka. PEMBATIK 2023"