Level 3 (KREASI) Pembatik 2023

 


Tugas Akhir PembaTIK Level 3 Tahun 2023

Kreasi Media Pembelajaran Digital

  

Tugas Akhir PembaTIK level 3 Tahun 2023 adalah kreasi media pembelajaran yang harus dikumpulkan oleh setiap peserta. Adapun media pembelajaran yang bisa dipilih untuk dikembangkan adalah sebagai berikut. 

Audio Pembelajaran

Video Pembelajaran

Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI)

Gim Edukasi

Tiap peserta bisa memilih salah satu jenis media pembelajaran tersebut untuk dikembangkan dan diunggah di Bukti Karya PMM. Tiap peserta diwajibkan mengembangkan media pembelajaran dengan baik sesuai dengan ketentuan penugasan, sehingga dapat menjadi inspirasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka.


Silakan baca ketentuan khusus dan panduan penugasan dari setiap media pembelajaran digital pada submenu kedua Tugas Akhir di Google Classroom.


Ketentuan Umum:


1. Media yang dikembangkan memuat materi pembelajaran sesuai kurikulum yang diacu (K13, Kurikulum Darurat, ataupun Kurikulum Merdeka).

2. Materi atau isi media minimal memuat 1 indikator dalam 1 (satu) Tujuan Pembelajaran. 

3. Pembuatan format/jenis media yang dipilih, dikembangkan sesuai karakteristik dan ketentuan pengembangan media pembelajaran.

4. Karya orisinal yang diproduksi oleh peserta sendiri. 

Karya tidak mengandung unsur SARA, ujaran kebencian, dan pornografi.

5. Penilaian media pembelajaran ditentukan berdasarkan:

a. aspek kebermanfaatan, memuat materi esensial berbasis kurikulum yang dibutuhkan dalam pembelajaran.

b. aspek kreativitas dan inovasi, memuat tampilan ragam media dan pemanfaatan TIK pada media yang dikembangkan.

c. aspek teknis, memuat kejelasan tampilan media dan keterbacaan materi pembelajaran yang disampaikan dalam media tersebut.

d. Disamping penilaian berdasarkan ketiga aspek tersebut, peserta yang mengumpulkan karya media sesuai ketentuan akan mendapatkan nilai awal:

Audio Pembelajaran : 50

Video Pembelajaran : 65

Multimedia Pembelajaran Interaktif : 70

Gim Edukasi : 70

9. Pastikan kreasi media pembelajaran digital dapat diakses oleh pengguna PMM.

10. Seluruh media pembelajaran diunggah di Bukti Karya PMM. Kategori Karya yang dipilih adalah Bahan Ajar. 

11. Untuk media pembelajaran dalam bentuk video, pilih Bentuk karya Video

12. Untuk media pembelajaran Audio, MPI dan EduGame, pilih Bentuk karya Dokumen PDF

13. Dokumen PDF untuk media pembelajaran selain video bebas dikreasikan, namun wajib berisi:

Judul/tema

Jenis Media Pembelajaran (Audio, MPI, EduGame)

Sasaran Kelas/Fase

Tujuan Pembelajaran

Screenshot tampilan awal MPI/EduGame

Hyperlink menuju media pembelajaran. 



Ketentuan Khusus MPI (Multimedia Pembelajaran Interaktif)

1. MPI dibuat berbasis web yang dapat langsung diakses tanpa instalasi aplikasi tambahan oleh pengguna.

2. Mencantumkan topik/judul, sasaran dan tujuan pembelajaran.

3. Topik yang dipilih sesuai dengan materi pembelajaran masing-masing.

4. Mengandung unsur pembelajaran (pendahuluan, uraian materi, latihan dan atau tes).

5. Menyertakan petunjuk penggunaan dalam program.

6. Cantumkan sumber referensi untuk penggunaan materi (minimal 3 sumber referensi), grafis, foto, quotes, backsound, dll.

7. Menampilkan bumper-in pada intro MPI. File bumper dapat diunduh pada tautan: https://s.id/openingbumperpembatik

8. Kualitas layar (resolusi) minimal 1280 x 720 pixel.

9. Media pembelajaran digital dapat dibuat menggunakan aplikasi apapun.

10. Pastikan hasil kreasi media pembelajaran digital dapat diputar oleh pengguna lain tanpa aplikasi tambahan

11. Tautkan link MPI ke dalam PDF Tugas Akhir. Lalu unggah PDF ke Bukti Karya PMM. Pastikan Anda melengkapi rincian video seperti judul, deskripsi (berisi ringkasan Bukti Karya disertai tagar #PembaTIK2023). 

12. Tautkan link Bukti Karya pada formulir Tugas Akhir PembaTIK Level 3


Tugas MPI Level 3 (Kreasi)



TUGAS

Posting Komentar untuk "Level 3 (KREASI) Pembatik 2023"