Ikut serta Dalam Program Pembatik 2023, ternyata sangat menyenangkan.


Sejalan dengan misi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memperkuat pembelajaran digital, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) menginisiasi program Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK (PembaTIK 2023). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TIK guru dan mempromosikan penggunaan teknologi di dunia pendidikan.


Dengan tema "Berkolaborasi dan Bertransformasi Menumbuhkan Ekosistem Digital Menuju Merdeka Belajar," PembaTIK 2023 berfokus pada pemberdayaan guru dalam meningkatkan kompetensi mereka memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan pembelajaran.

Program yang telah dimulai sejak bulan Juli 2023, saat ini telah memasuki tahap akhir, yaitu Level 4, di mana 30 peserta terbaik dari 38 provinsi di Indonesia akan mengikuti Tahap Berbagi dan Berkolaborasi.




Secara pribadi saya sangat senang mengikuti PembaTIK pada tahun ini dikarenakan materi yang di paparkan dengan berbagai modul terkait Teknologi yang saat ini sangat berkembang, dapat menuntuk kita sebagai guru untuk selalu belajar dan memnfaatkan teknologi saat ini

Kita tidak boleh kalah dengan siswanya kita, walau dikatakan mereka itu adalah Generasi Z.
Adakah yang tahu apa itu Generasi Z?

Di banyak analisis, para ahli menyatakan bahwa Gen Z memiliki sifat dan karakteristik yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi ini dilabeli sebagai generasi yang minim batasan (boundary-less generation). Ryan Jenkins (2017) dalam artikelnya berjudul “Four Reasons Generation Z will be the Most Different Generation” misalnya menyatakan bahwa Gen Z memiliki harapan, preferensi, dan perspektif kerja yang berbeda serta dinilai menantang bagi organisasi. Karakter Gen Z lebih beragam, bersifat global, serta memberikan pengaruh pada budaya dan sikap masyarakat kebanyakan. Satu hal yang menonjol, Gen Z mampu memanfaatkan perubahan teknologi dalam berbagai sendi kehidupan mereka. Teknologi mereka gunakan sama alaminya layaknya mereka bernafas.


Tapi disini kita hanya mengupas perjalanan saya pada tahapan tahapan level Pembatik yang saya sudah lalui, dan ada banyak tantangan baru serta pelajaran baru bagi saya. 
Namanya juga pengalaman tentu saya akan berbagi sedikit tentang hal baru tersebut.

Level 1 (Literasi)

Level 2 (Implementasi)


Level 3 (Kreasi)




Level 4 (Berbagi Dan Bekolaborasi)


Berikut tahapan dalam PembaTIK yang sudah saya lalui hingga akhirnya adalah pemilihan 5 terbaik untuk tiap provinsi. Dan paling akhirnya pemilihan duta teknologi yang akan mewakili masing masing Provinsi di Indonesia.

Untuk pembahasan selanjutnya pada kesempatan kedepan sahabat. Ditunggu ya.

Sumber :

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/10/pembatik-2023-memperkuat-pendidikan-digital-dan-memberdayakan-guru-sebagai-pemimpin-teknologi

https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita





Posting Komentar untuk "Ikut serta Dalam Program Pembatik 2023, ternyata sangat menyenangkan."